obat gondok tradisional

Selasa, 27 Maret 2018 | Kesehatan
obat gondok tradisional
obat gondok tradisional

Penyakit gondok adalah kondisi dimana terjadi pembengkakan kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah organ berbentuk kupu-kupu yang terletak tepat di bawah jakun. Kelenjar ini memiliki fungsi penting, yaitu untuk memroduksi hormon tiroid yang berperan dalam berbagai proses-proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh.

Pada kondisi normal, kinerja kelenjar tiroid cenderung tidak kita sadari sama seperti organ-organ dalam yang lain. Tetapi jika terjadi pembengkakan, kelenjar tiroid akan membentuk benjolan pada leher. Benjolan ini akan bergerak naik dan turun saat anda menelan.

Ukuran benjolan pada penyakit gondok ini bervariasi pada masing-masing orang. Pada hampir sebagian besar kasus, penderita penyakit gondok tidak akan merasakan gejala apapun kecuali adanya benjolan di leher. Namun pada kasus yang parah, gejala seperti batuk-batuk, leher terasa tercekik, suara menjadi serak, susah menelan, dan kesulitan bernapas dapat dirasakan oleh pasien.

Terdapat dua jenis gondok, yaitu gondok difus dan nodul. Pengelompokan ini berdasarkan tekstur benjolannya.

Benjolan pada gondok difus terasa mulus saat disentuh. Sementara pada gondok nodul, benjolan terasa tidak rata dan bergumpal. Permukaan yang tidak rata tersebut disebabkan oleh adanya satu atau lebih benjolan berukuran kecil atau apabila terdapat cairan dalam benjolan.
Tidak semua penderita gondok mengalami gejala. Namun apabila terjadi gejala , maka munculnya benjolan abnormal atau pembengkakan pada leher adalah tanda utama yang akan dikeluhkan oleh pasien.

Ukuran benjolan gondok berbeda-beda pada tiap penderita. Benjolan yang berukuran kecil biasanya tidak akan menimbulkan keluhan apapun. Meski demikian, benjolan tersebut dapat memengaruhi pernapasan serta menyebabkan penderita sulit menelan jika ukurannya bertambah besar.

Gejala-gejala lain yang mungkin menyertai pembengkakan meliputi tenggorokan yang terasa membengkak, perubahan suara (misalnya menjadi serak), batuk-batuk, serta kesulitan bernapas dan menelan.

Jika merasakan gejala-gejala di atas, terutama bagi penderita dengan benjolan yang terus membesar dan mengalami kesulitan bernapas atau menelan, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.
Penyakit gondok dapat terjadi karena kinerja kelenjar tiroid yang berlebihan (hipertiroidisme) atau menurun (hipotiroidisme). Keduanya akan memicu pembengkakan kelenjar tiroid. Hipertiroidisme kebanyakan disebabkan oleh penyakit Graves. Sementara hipotiroidisme dapat dipicu oleh kekurangan yodium atau penyakit Hashimoto. Penyakit Hashimoto dan penyakit Graves merupakan kondisi autoimun.

Yodium dibutuhkan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroid. Zat ini dapat ditemukan dalam ikan, tiram, rumput laut, sereal, biji-bijian, serta susu sapi. Karena kekurangan yodium, kinerja kelenjar tiroid akan menurun dan mengalami pembengkakan.
Kelenjar tiroid yang membengkak umumnya dapat diketahui oleh dokter melalui pemeriksaan fisik yang sederhana. Pemeriksaan ini memungkinkan dokter untuk mendeteksi ukuran dan tekstur benjolan serta jenis penyakit gondok.

Penderita juga akan diminta menjalani evaluasi fungsi tiroid untuk memastikan penyebab di balik pembengkakan kelenjar. Pemeriksaan ini dilakukan melalui tes darah untuk mengukur kadar hormon T3, T4, dan TSH (thyroid-stimulating hormone atau hormon perangsang tiroid). T3 dan T4 merupakan hormon tiroid utama yang ada dalam tubuh, sedangkan TSH merupakan pusat kontrol produksi hormon tiroid dalam tubuh manusia. Kadar hormon tiroid yang lebih rendah atau tinggi dari normal umumnya mengindikasikan risiko seseorang untuk mengidap penyakit ini.
Gondok dapat ditangani dengan beberapa cara. Penentuan langkah ini tergantung pada beberapa faktor, yaitu ukuran benjolan, gejala yang dirasakan, serta penyebab dasar terjadinya gondok.

Benjolan yang kecil dan tidak menyebabkan gejala umumnya tidak langsung ditangani. Dokter akan memantau perkembangan kondisi Anda sebelum melakukan tindak lanjut karena gondok Anda mungkin bisa sembuh tanpa membutuhkan penanganan.

Jika benjolan terus membesar hingga mengganggu kondisi kesehatan pasien, ada beberapa langkah pengobatan yang dapat diambil.

Benjolan yang terus membesar hingga mengganggu pernapasan dan menyebabkan penderita sulit menelan umumnya ditangani dengan operasi. Langkah ini akan dilakukan dengan tiroidektomi, yaitu prosedur pengangkatan sebagian atau seluruh kelenjar tiroid. Prosedur ini juga disarankan bagi penderita yang diduga memiliki benjolan tiroid yang mengandung sel-sel kanker.

Tiap operasi pasti memiliki risiko, termasuk tiroidektomi. Walau kemungkinannya tergolong kecil, pasien yang menjalani prosedur ini berpotensi mengalami komplikasi kerusakan pada saraf dan kelenjar paratiroid.

Contoh kerusakan saraf yang mungkin terjadi adalah perubahan suara dan gangguan pernapasan. Komplikasi ini bisa bersifat sementara atau permanen. Sedangkan kerusakan pada kelenjar paratiroid akan memengaruhi pengaturan kadar kalsium dalam darah dan tulang.

obat gondok tradisional , obat gondok tradisional ampuh, obat gondok tradisional untuk anak, obat gondok tradisional, obat tradisional gondok beracun, obat tradisional gondok dalam, obat tradisional gondok di leher, obat tradisional gondok pada anak, obat tradisional gondok untuk anak, obat tradisional gondok luar, obat tradisional gondok ganas, obat tradisional gondok racun, obat gondokan tradisional, pengobatan gondok tradisional, obat kelenjar gondok tradisional, obat gondok secara tradisional, obat tradisional gondokan pada anak, artikel obat tradisional gondok dalam, resep obat tradisional gondok beracun, obat ramuan tradisional gondok, resep obat tradisional gondok, apa obat tradisional gondok beracun, obat tradisional penyakit gondok pada anak, obat gondok tradisional yg ampuh, obat gondok tradisional alami, obat tradisional buat gondok, obat tradisional penyakit gondok beracun, obat tradisional menyembuhkan gondok beracun, obat tradisional buat penyakit gondok, obat tradisional bagi penderita gondok, obat tradisional penyakit gondok biasa, obat tradisional untuk penyakit gondok beracun, download obat tradisional gondok beracun, obat tradisional mengobati gondok beracun, ramuan tradisional obat gondok beracun, www.obat gondok tradisional.com, cara membuat obat gondok tradisional, obat tradisional penyakit gondok dalam, obat tradisional untuk gondok dalam, obat tradisional dari eceng gondok, obat tradisional untuk penyakit gondok dalam, pengobatan tradisional gondok dalam, obat tradisional penyakit kelenjar gondok, obat tradisional untuk kelenjar gondok, obat tradisional gondok pada leher,

  • Perawatan Ketombe dan Gejalanya

    Perawatan Ketombe dan Gejalanya

    Pengertian ketombe
    Ketombe dan sisik adalah serpihan kulit kepala putih atau keabu-abuan yang tampaknya menempel di bahu setelah mengelupas rambut. Ketombe tidak menular dan jarang penyakit serius, tetapi kondisi ini…

  • Gejala dan Pengobatan Penyakit Chagas

    Gejala dan Pengobatan Penyakit Chagas

    Penyakit Chagas
    Penyakit Chagas (trypanosomiasis Amerika) adalah infeksi infeksi yang disebabkan oleh parasit Trypanosoma kuruji (T. kuruji) dan menyebar melalui gigitan triathomin serangga (gigitan bayi). Penyakit Chagas dapat menyerang siapa…

  • Gejala dan Penyabab Konstipasi Serta Pengobatannya

    Gejala dan Penyabab Konstipasi Serta Pengobatannya

    Memahami konstipasi
    Sembelit atau konstipasi adalah keadaan di mana sulit untuk buang air besar secara teratur, dan itu mungkin tidak mungkin atau tidak sama sekali. Jika buang air besar kurang…

  • Pengobatan dermatitis  atopik pada bayi

    Pengobatan dermatitis atopik pada bayi

    Dermatitis alergi, juga dikenal sebagai dermatitis alergi, adalah kondisi kulit kering, pecah, gatal dan merah. Eksim adalah penyakit kronis (kronis) dan gejalanya dapat membaik dan kembali ke berat. Ini biasanya…

  • Cara mengatasi penyakit Kleptomania

    Cara mengatasi penyakit Kleptomania

    Kleptomania adalah suatu kondisi di mana semua gangguan dari kontrol impulsif yang terlibat, yaitu ketika pasien tidak mampu menahan haus mengutil atau pencurian. Kebanyakan orang yang menderita pencurian adalah wanita.…